Rabu, 30 Desember 2009

manajemen umum

Tugas manajemen umum
Posted on at 11/26/2009 04:54:00 AM

tugas manajemen umum

1. Siapa yang sebenarnya membutuhkan manajemen dan mengapa manajemen harus ada ?

Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bantuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen diperlukan dan dibutuhkan. Macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi manajemen sifatnya adalah universial, sama baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.

2. Mengapa pada lower manajemen, manajerial skil lebih kecil di bandingkan dengan technological skil (Keahlian Teknik) !

Pimpinan tingkat bawah lebih banyak berhadapan dengan para pekerja opersional secara langsung, dimana tugas utamanya memberikan bimbingan langsung kepada petugas operasional, maka bagi pimpinan tingkat bawah harus mengetahui selik beluk kegiatan yang operatif.

3. Mengapa dalam sebuah organisasi di perlukan suatu rencana atau planning !

Organisasi perlu menyusun suatu rencana karena masa depan penuh dengan hal-hal yang tidak pasti. Maka untuk pedoman bagi suatu organisasi untuk bertindak agar mencapai tujuan y6ang telah ditetapkan perlu disusun suatu rencana, ya karena itu tadi bahwa masa depan penuh dengan hal ketidakpastian. Jadi orang atau organisasi perlu menyusun rencana guna menghadapi unsure ketidakpastian.

4. Tentukan berapa jumlah bawahan yang harus diawasi bila pimpinan memiliki 3 orang bawahan !

Jumlah bawahan yang harus diawasi oleh pimpinan sebanyak :
Rumus R = n (2n-1+(n-1))
R = 3 (2 3-1 = (3-1))
= 3 (22 + 2 )
= 3 (4+2)
= 18
Jumlah hubungan yang akan timbul sebanyak 18, sehingga dapat dibayangkan betapa rumit hubungan antara atasan dengan bawahan.

5. Apa yang dimaksud dengan promosi !

Promosi yaitu kenaikan jabatan dan tanggung jawab yang lebih besar pada seorang pegawai yang disertai kenaikan balas jasa. Tujuan nya untuk mengisi jabatan yang kosong dan memotivasi pegawai agar mampu meningkatkan prestasinya.

6. Apa yang dimaksud dengan demosi !

Demosi adalah penurunan jabatan karena seseorang tersebut tidak mampu dan cakap dalam memikul tugas dan tanggung jawab yang di bebankan kepadanya tanpa mengurangi balas jasa yang pernah diterima nya.

7. Sebutkan sebab utama konflik yang sering timbul dalam organisasi !

- konflik didalam individu
- Konflik antar individu dalam organisasi yang sama
- Konflik antara individu dean kelompok
- Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama
- Konflik antar organisasi

8. Sebutkan dan jelaskan gaya kepemimpinan yang anda ketahui !
Beserta ciri – cirinya !

Gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuaqn organisasi dan tujuan indivu untuk mencapai tujuan bersama.
Ciri-ciri gaya kepemimpinan :
1. Tipe otokratis
2. Tipe militerisme
3. Tipe paternalistis
4. Tipe karismatik
5. tipe demokratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar