Senin, 04 Januari 2010

Dunia kerja

Melalui Praktek Profesi yang merupakan salah satu syarat dalam mata kuliah wajib Etika dan Praktek Profesi para mahasiswa Program Studi Arsitektur, Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung (SAPPK- ITB) mahasiswa dapat belajar tentang dunia kerja secara komprehensif dan kritis.
Makalah Dunia Kerja
Praktek Profesi disyaratkan minimal 6 minggu penuh waktu di biro konsultan, perusahaan, atau industri yang terkait dengan profesi arsitek. Dengan mengikuti presentasi laporan praktek profesi oleh sesama mahasiswa peserta Mata Kuliah Etika dan Profesi maka setiap mahasiswa mendapat kesempatan mempelajari banyak pengetahuan tentang dunia kerja selain yang didapatkan sendiri secara langsung dari praktek.
Dunia Kerja
Pilihan tempat praktek para mahasiswa dan jenis proyek selalu sangat beragam hingga pengetahuan tentang dunia kerja yang dipelajari mahasiswa peserta cukup kaya. Kasus-kasus nyata yang dipresentasikan di depan kelas sering membukaan mata para mahasiswa tentang permasalahan etika dalam dunia kerja selain pengetahuan tentang berbagai ketrampilan dan prosedur yang terjadi di dunia praktek.

Pada selain memberikan materi kuliah dosen juga memegang peran penting sebagai fasilitator diskusi: mengajak mahasiswa peserta untuk berpikir kritis dalam menyikapi kasus-kasus yang mengandung konflik kepentingan di antara para pemangku kepentingan yang kadang-kadang cukup sensitif untuk dibahas .


Sumber : Seminar Nasional Inovasi Pengelolaan & Pendidikan Arsitektur, 13 Desember 2006, Kampus JWC- Universitas Bina Nusantara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar